Apa yang terjadi jika menekan tombol power komputer secara paksa?

tombol-powerAda beberapa hal yang bakalan terjadi pada computer anda jika anda mematikan nya dengan menekan tombol power secara paksa / menekan lama tombol power , diantarnya adalah sebagai berikut.

Power Suply Ruksak

Prosesor memberikan perintah kepada bios untuk menghentikan segala pekerjaan komponen peralatan pada saat shutdown, sehingga arus atau daya yang terpakai diputus secara normal, tapi jika kita mematikan secara paksa (mencabut kabel power atau menekan lama tombol power), arus dan daya diputus secara tidak normal sehinga akan terjadi ruksak pada power supply anda.

Kerusakan pada prosesor.

fan komputer akan bekerja dua kali lebih cepat untuk proses pendinginan prosesor pada saat shutdown, kalau kita mematikan komputer secara paksa, yang terjadi pendinginan prosesor tidak bekerja secara normal maka lama-kelamaan prosesor bisa rusak.

Kerusakan Ram / Memory

System Memory akan dikosongkan ketika anda shutdown, sehingga pada saat komputer dipakai lagi maka memori sudah benar-benar dalam keadaan refresh, jika kita mematikan komputer secara langsung maka besar kemungkinan memori / RAM bisa rusak.

Registry Windows anda berantakan

Komputer akan meregistrasi ulang komponen komputer yang terpakai (digunakan) dan software serta data yang dipakai atau yang dihapus ketika proses shutdown. jika kita mematikan komputer secara langsung, maka komponen atau software serta data yang digunakan tidak dapat disimpan kedalam registry.

Hardisk bad sector

Komputer akan menyimpan semua proses yang terjadi di atas ke dalam Hard Disk ketika shutdown. Bayangkan jika sedang proses bekerja, Hard Disk tiba-tiba dimatikan. Kamu bisa membayangkan sendiri apa yang akan terjadi, yaitu kerusakan pada silinder Hard Disk atau biasa disebut dengan Bad Sector

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *